Skip navigation

Monthly Archives: Juni 2009

Kolokium yang harusnya dilaksanakan di minggu lalu terpaksa harus hijrah di minggu ini karena beberapa alasan (mungkin harus belajar lagi). Masih dengan judul, pembimbing, dan pembahas yang sama, insyaAllah akan diadakan pada:

Hari : Kamis
Tanggal : 25 Juni 2009
Waktu : 11.30-12.15 WIB
Tempat : Ruang Seminar Statistika

Mudah-mudahan bener-bener jadi kolokiumnya karena hari itu ialah hari terakhir periode kolokium.

Sayang banget bukan jadi penutup kolokium karena masih ada satu lagi setelah kolokiumku…

Yang ada waktu, silahkan datang… ^_^

Iklan

Iseng lagi nyari paket R yang jumlahnya bejibun, tiba-tiba liat paket yang namanya Sudoku, Sudoku Puzzle Generator and Solver. Dengan paket ini, kita dapat maen Sudoku, bikin sendiri Sudoku, atau menyelesaikan game Sudoku yang ada. Paketnya bisa didonlot disini dan manualnya juga dapat didonlot disini.

Cara maennya sama aja kayak maen Sudoku biasanya. Langkah awal yah install dulu R, download paket Sudoku, install paket Sudoku, lalu panggil paket Sudoku.
Untuk maen, tulis di R console:

playSudoku()

Kira-kira gini tampilannya

sudoku

Selamat mencoba! (maen Sudoku gratisan pake R)

Pukul 07.30 WIB, tumben, aku sudah di depan ruang seminar/ruang sidang. Hari ini, hari yang kunanti-nanti, karena akan melalui satu tahapan dalam penyelesaian tugas akhir. Buku-buku, bahan-bahan kuliah telah dibaca, slide presentasi pun sudah dipersiapkan. Fotokopian makalah sudah dibawa bersamaan dengan laptop yang akan dipakai untuk presentasi nanti pada pukul 09.30 WIB. Sudah pukul 08.00 WIB, seharusnya teman se-PS-ku telah memulai kolokiumnya. Apa yang terjadi???

Beberapa menit berlalu,baru kusadari ternyata dosenku mengirim sms kalau kolokiumnya diundur sampai jam 9 karena masih ada urusan. Ok,, kami akan menunggu, walaupun ada perasaan tak enak karena banyaknya teman-teman stk 42 yang sudah datang dari tadi pagi dan moderator pun sudah menunggu di departemen.

Alhamdulillah, setelah jam 9 lewat, dosen pembimbing kami datang, dan presentasi pertama dimulai, yah salah seorang teman se-PS-ku. Aku mulai deg-degan namun tak sabar ingin menghadapi kolokium…

Pukul 10. 10, kolokium pertama selesai, tak kusangka, tiba-tiba moderatornya harus pergi karena ia hanya punya waktu sampai jam 10, sesuai dengan jadwal awal. Dosenku pun menawarkan hari lain atau jam lain di hari ini. Kuputuskan tetap hari ini, karena lebih cepat lebih baik bukan? OK, dosenku bilang, hari ini jam 13.00 WIB jika ada moderator…

Di sisa waktu menjelang jam 13.00, aku dan temanku mengusahakan mencari moderator dengan mungkin agak memaksa ke TU karena memang kami ingin cepat selesai kolokium. Pukul 12.00 WIB, kami mendapat kepastian, moderator untuk kolokium kami pada jam 13.00 WIB ialah Pak Bunawan, makasih pak.

Pukul 13.00 WIB…

Dosenku belum datang…

Meminta Bu Markonah, TU STK, untuk menelpon dosenku, yah, bentar lagi katanya..

Aku menunggu di TU, sedangkan temanku menemani moderator…

Menunggu menunggu…

Ga’ enak sama teman2 stk 42 yang dah nunggu daritadi, lebih lagi Pak Bunawan yang mau jadi moderator kami..

13.40,, kolokium sebelumnya sudah usai…

Dosenku belum datang…

Meminta TU menghubungi…

Akhirnya…….

Dosenku tidak datang,,, karena masih mengikuti acara wisudaan istrinya,, yang gag tau selesai kapan T.T

Pak Bunawan pun jam 3 sore mau pergi ke Baranang Siang…

Kolokiumku……….. DIUNDUR…

Tak tau kapan,, karena semua jadwal nyaris penuh….

Makasih buat temen-temen dan moderator-moderator yang bersedia nunggu,,

Makasih buat Bu Markonah yang sudah sangat direpotkan

Maap merepotkan…

Akhir kata…

Semua yang direncanakan tidak selalu berjalan mulus..

Walau belum kolokium, tahap selanjutnya mesti dilakukan, belajar buat coding, coding, dan coding…

Yup,, Aku PASTI BISA ­čÖé

Alhamdulillah,, akhirnya daftar kolokium juga…
Walau yang lain lagi sibuk mau seminar dan sidang.
Selangkah lebih maju menyongsong skripsi.

Jangan lupa datang yah, insyaAllah kolokiumnya akan diadakan pada:

Hari : Rabu
Tanggal : 17 Juni 2009
Waktu : 09.30-10.15 WIB
Tempat : Ruang  Seminar Statistika

dengan judul
Pengembangan Paket R Analisis Regresi Berganda dengan Tampilan Antar Muka bagi Praktisi

Diharapkan kehadirannya untuk menyampaikan saran-saran yang membangun terutama dalam penyelesaian skripsi saya.

Datang ya,, yah

*Ngerti gag ngerti yang penting ikut kolokium*

*Doakan skripsinya cepat kelar,, biar bisa lulus tahun ini :D*

Yang mau ngasih saran sekarang juga boleh.