Skip navigation

Monthly Archives: Maret 2008

Maapin gw hari ini ya..

Emang awalnya gw dah bilang klo gw ga’ niat ngerjain. gw dah berusaha buat munculin niat + soul buat ngerjain tapi tetep aja gw kepikiran yang laennya.

Maap y teman

Diri ini penuh salah. Maap untuk segalanya untuk semuanya. Terimakasih

lagi-lagi, gw dikagetkan dengan sesuatu yang baru. sesuatu yang baru gw tau n gw denger. Yup, sesuai dengan judulnya, sesuatu yang baru itu adalah… VAR dan VECM (Vector Autoregression dan Vector Error Correlation Model). Istilah ini baru gw taw hari ini, kira2 pukul 13.00 WIB. Awalnya, ada yang nelp gw mau minta olahin data. Ada perasaan ragu tapi seneng juga, secara gw lagi butuh yang namanya do it!. Tapi, kesenengan gw terhambat setelah mendengar cerita dari sang klien lewat phone. Dia minta olahin data ekonomi buat jangka panjang n jangka pendek. Apaan tuh!!!. Setelah gw korek2 lebih dalem lagi pake analisis apa, ternyata menggunakan VAR sama VECM. Ah, apa lagi ini? Var? Variabel kaleee… VECM siapa lagi tuh… akhirnya gw putuskan buat untuk ketemuan langsung sorenya. Selagi menunggu sore, gw bisa baca2 dulu atau tanya2 ke kakak kelas biar pas orangnya dateng n ngejelasin, gw ga’ bingung2 amat. Untungnya ada anak ekbang di kostan gw. Seengga’nya gw bisa tanya2 dulu. Alhasil, gw dapet pinjeman bacaan tentang VAR dan VECM (in english c). Bingung itu apaan? Segera mencari bala bantuan dengan sms kakak kelas, ternyata kakak kelas pun ga’ bisa bantu karena lagi di Jakarta. Setelah dibaca2 lagi, gw butuh software Eviews, untung ada. Setelah diinstal, nyoba2, tapi gimana ya cara gunainnya. Ngentri datanya aja masih bingung (hehe).

Hari menjelang sore dan jam udah limit ke angka 4. Apa yang harus gw lakukan? Terbesit di kepala gw, yawdah gw jujur aja, kalo gw ga’ ngerti apa2 tentang VAR dan VECM. Gw putuskan untuk berangkat menemui tuh orang yang mau ngolah data. Setelah ketemu, orangnya langsung panjang lebar memaparkan permasalahannya. Mau nolak ga’ tega dan telah gw putuskan…. gw pelajari dulu teorinya…. jadi emang agak lama ngolahnya. Klien pun setuju n percaya sama gw. Ywdah, VAR dan VECM…. Salam Kenal….

Hari ini, gw ngerasain yang namanya kerja tanpa dibayar. Padahal gw lagi butuh duit… Apa yang harus gw lakukan??? Yasud, mending ngenet aja, hehe…

Awalnya, gw kira, gw dah bebas sejenak dari berbagai keruwetan ini. Baru aja berez ngerjain PKMI minggu kemaren, rasanya dah lega banget. Seengga’nya gw bisa fokus ke kuliah dulu setelah 3 minggu yang lalu kuliah gw abaikan. Eh, ternyata eh ternyata. Hari ini, tiba-tiba gw pusing lagi, pusing yang telah gw alami selama sebulan trakhir ini. Pusiiiing deh, ngeliat syntax2 yang ga’ dimengerti, pusing liat apa yang ada di dalem folder 4nima di komp gw. Kapan ke-pusing-an ini berakhir??? Kayaknya ga’ bakalan berakhir, karena masih ada masalah2 yang menanti gw disana… di masa depan…. SmaNgAT!

Hari ini, cukup buruk. Diawali dengan keterlambatan gw kuliah minor… Alhamdulillah masih dibolehin masuk. Kalo aja gw telat beberapa menit lagi, gw bakal ditanya2in sama dosennya, n klo telatnya lebih parah lagi, bisa2 gw diusir (tadi banyakyang diusir). Dengan nafas terengah2, gw langsung ngoyor ke belakang, menuju bangku anak2 stk berada… Fuiihhh… Capek juga… Terbenak di kepala gw, eh bukannya boleh ngenet ya waktu kul ini… Gw langsung ngajak trizar, ngenet yuuuukkkk (mencari temen klo kena marah ^_^)… Dalam beberapa menit gw langsung terkoneksi dengan internet, gileeee cepet banget ngenet disini (FEM, deket ma rektorat), sinyalnya penuhhh… Senengnya…. Alhasil, gw langsung googling bahan2 kuliah gw hari ini. Agak lama sampe akhirnya ketemu situsnya… Karena asiknya ngenet, gw ga’ merhatiin bapaknya ekReg ngejelasin, malah sibuk cari bahan kuliah + tugas… Ga’ kerasa udah tiga jam, kuliah pun berlalu, tanpa ilmu yang baru…

Setelah kul EkReg, gw masih ada kul lagi, kuliah regresi… Sebelumnya, seperti biasa, gw makan dulu di Sapta,,,Laper Eui… Biar berenergi buat kuliah… Kuliah kali ini gw ga’ boleh telat karena dosen regresi juga sama aja kayak dosen yang tadi pagi, suka mengintrogasi yang telat… Stelah puas makan makanan yang sering gw makan (soto ayam again n again), gw n nunung langsung ke ruang kuliah. Untung aja dosennya belum dateng, tapi kelasnya udah penuh, ga’ ada kursi kosong di belakang. Akhirnya dengan terpaksa, gw n nunung duduk di depan (deretan kedua)… UPs, di depan kursi gw ga’ ada kursinya, wah, gw keliatan banget neh ama ibunya… Agak2 ragu jadinya, pengen pindah ke belakang, tapi gpplah.. Dosennya pun dateng, seperti biasa menyampaikan pesan moral ke gw n temen2 gw… Bla… Blaaa… Kuliah pun berjalan… Regresi…. Uji Asumsi… Kenormalan… Kehomogenan…. Kebebasan Sisaan… Multikolinieritass…… Di tengah2 kul regresi, tiba2 gw merasa ngantuk berat, coba buat bangun, tapi susah. Mencari bantuan dengan minta minyak kayu putih ke temen2…. Lumayanlah, masih bisa ngeliat ibunya ngejelasin, walau sebenernya apa yang disampaiin mental semua ga’ tau kemana… Buat ngilangin kengantukan n kebosenan gw, gw kirim tulisan2 ke temen gw, iseng aja, skalian ngegodain temen gw(heheh). Kayaknya c ibunya udah tau gw ga’ merhatiin dia, tapi coba menahan emosi biar ga’ marah2 sama gw… Karena gw terus2an aja smsan, ketawa-ketiwi ga’ karuan, kadang2 pikiran melayang, waktu ituu… si ibu lagi ngejelasin tentang kenormalan, ngomongin uji kolmogorov smirnov dan lagi ngejelasin filosofinya ceritanya, tiba2 ibunya ngegambar sesuatu di papan tulis, ga’ tau kayaknya itu fungsi sebaran kumulatif atau apalah. Pikiran gw masih melayang2 n tiba2 gw kaget…. Si ibunya bilang gini:

“kamu yang dapet A kemaren bukan? Apa jawabannya?”

gw langsung kaget n tersentak banget, bingung maw jawab apaan, soalnya aja gw kagak tau? Gw mikir2 kira ibunya tadi bilang pa ya? Trus ibunya ngejauhin gw, n bilang ke temen2 gw:

“soal yang saya buat kemaren itu ternyata buat orang yang rajin, bukan orang yang kreatif”

Cukup dalem juga, secara tuh mata kuliah sebelumnya (Anreg 1) rataannya lumayan ga’ bagus, banyak yang bingung kenapa nilainya jelek2. Sebenernya nilai gw juga ga’ bagus2 amat, secara buat dapet A gw harus ikut ujian lagi dan dikasih tugas buat presentasi. Waktu ibunya ngomong ke anak2 lainya, gw gunakan kesempatan itu buat nanya ke temen gw:

“soalnya emangnya apaan?”

Temen gw bilang, sebaran datanya gimana, dari gambar yang ada di papan tulis.

Ibunya pun menghampiri gw lagi (ih seeereeem dewh)

“Udah ketemu jawabannya?Ataw jangan2 kamu ga’ tau soalnya paaan?”

Gw jawab:

“Sebaran datanya gimana kan bu?Plot kuantil2, Maksud saya bentuk tebaran datanya itu kayk gimana bukan?” dengan nada agak pelan…

Ibunya natap gw agak lama menanti jawaban gw, n akhirnya ibunya menjawab dengan nada yang agak keras

“Sumbu Y pengamatan empiris, sumbu X data sebenernya, trus gimana bentuknya?”

“Garis lurus!!!” jawab temen2 gw,

Oh itu maksudnya, plot kenormalan toh, bentuknya gimana, OMG, kirain pa!!!

Maaf ya bu, gw dah ga’ memperhatiin pelajarannya,,,,

Makasih udah ngingetin,,,

Walau gw malu juga c, masa’ gitu aja ga’ bisa… Dan ibunya meragukan nilai yang gw peroleh semester kemaren. Walau cukup dalem, tapi itu udah ngingetin gw. Gw ga’ boleh terlalu nyantai, apalagi ga’ merhatiin kuliah. Makasih buat peringatannya, dan maksih juga buat pesen moralnya. Pelajaran yang gw dapet hari ni dari matakuliah regresi 2, jaga kesehatan, pikiran bersih, ikhlas, evaluasi diri setiap saat…

 

Hari ini gw bingung sendiri, aneh melihat lingkungan sekitar gw. Tapi, dari semua ini gw banyak belajar tentang kehidupan. Inikah yang namanya kehidupan?