Skip navigation

Menyambung report sebelumnya di minggu pertama, ga’ kerasa, sudah berjalan 2 minggu kegiatan praktik lapang. Ayo kita lihat aja kegiatan per harinya di minggu kedua…

Senin, 23 Februari 2009, menyambung kerjaan minggu sebelumnya

Hari itu aku berangkat dari Bogor sekitar pukul setengah 6 pagi, bareng Nunung dan Akang yang mau ke sawah besar. Nyampe di stasiun sekitar jam 6 lewat, naek KRL ekonomi. Setelah jalan menyusuri gerbong demi gerbong, tibalah di gerbong paling depan, tetap ga’ dapat tempat duduk. Berdirilah kami bertiga di dekat pintu dan tak lama muncul mb Ning, di dalam gerbong yang sama. Mb Ning alias Itcieh mau berangkat ke MARS, tempat PL-nya. Maklum, tiap hari bolak-balik Bogor-Jakarta. Nunung membuka tas dan membagikan roti tawar. Laper euy,, ga’ tahan deh kalo bolak-balik PL-nya tiap hari.. Stasiun demi stasiun dilalui, gerbong semakin padat dengan orang-orang yang mau ke Jakarta, semakin terjepit, dan kayaknya bakalan susah banget buat keluar. Sementara aku membawa tas yang berisi laptop dan pakaian serta sebuah meja kecil yang terbuat dari kayu yang harganya 10ribu rupiah waktu matrikulasi TPB dulu. Bingung, gimana cara keluarnya yah, sempat terpikir meja akan dikeluarkan dari jendela dibantu oleh mb Ning dan Nunung yang sudah mendapatkan tempat duduk di kereta. Hmmm tinggal satu stasiun lagi menuju Pasar Minggu, mencoba beranjak semakin dekat ke pintu, huh panas,,, gotong-gotong meja, nyelip-nyelip, alhamdulillah bisa keluar dari KRL. Udah pasrah kalo kelewat stasiunnya, ntar naik KRL arah sebaliknya karena memang sangat padat kondisinya. Jam 7.30 pagi sudah sampai di kostan dan bersiap-siap untuk ke kantor/tempat PL. Seperti biasanya, masih mencari data desa/kelurahan, kecamatan di provinsi, tinggal 12 provinsi lagi. Ga’ seperti minggu lalu, pencarian terasa lebih mudah karena tidak sampai ke level desa. Alhamdulillah, hari itu tinggal provinsi Papua Barat yang belum selesai…

Selasa, 24 Februari 2009, copy foto caleg dan Papua Barat

Hari itu, kami mendapat kerjaan tambahan yaitu menyalin foto caleg Provinsi Banten dari pdf ke excel. Setelah menyelesaikannya, lanjut ke data Papua Barat. Data desa di kecamatan baru di Papua Barat tidak tersedia. Wah,, seharian cuma mencari data itu dan ga’ ketemu, sudahlah ku tinggalkan sajalah. Sorenya, kami diberi data hasil survei untuk daerah pemilihan di Jawa Tengah. Rencananya, besoknya kami disuruh eksplorasi data tersebut. Asik, ketemu sama aplikasi statistika.

Rabu, 25 Februari 2009, Eksplorasi sendiri

Hari itu bertepatan dengan hari wisuda, teman se-PL, Dicky, izin ke Bogor untuk mengunjungi wisuda saudaranya :P. Aku sendiri di ruangan yang biasanya ada empat orang. Kemanakah 2 orang lainnya? Ada yang ke Jawa Tengah dan satunya lagi ke Makasar untuk kerja pastinya, ketemu klien disana. Pagi itu, kudapatkan email berisi petunjuk eksplorasi yang harus kulakukan dari hasil survei tersebut. Setelah kubaca-baca, tak lama kemudian, Kak Kanta, pembimbing PL-ku disana datang dan menjelaskan apa yang harus kulakukan. Eksplorasi data dengan SPSS. Ada 40 lebih slide yang berisi tabel-tabel yang harus diisi. Kumulai semuanya, tapi tak tau kenapa, penat banget rasanya. Ada bagian yang salah interpretasi dan harus diulang. Hari itu terasa melelahkan dan kulanjutkan di malam harinya eksplorasi data tersebut.

Kamis, 26 Februari 2009, Melanjutkan Eksplorasi

Karena ada beberapa yang tidak sesuai antara template dan data, hari itu kulanjutkan lagi eksplorasi data. Setelah selesai membuat laporannya rencananya mau melanjutkan pembuatan database yang tertunda. Ternyata, menjelang jam pulang barulah selesai laporannya. Pembuatan database harus ditunda.

Jumat, 27 Februari 2009, Frame Sampling

Eksplorasi data sudah selesai dan itu hanya latihan. Pembuatan laporan sesungguhnya akan dimulai setelah data survei di Banten selesai. Hari itu, kuputuskan untuk merancang database dan apa aja yang akan ditampilkan dalam sistem yang akan kubuat nantinya. Baru membuat rancangannya, pembimbingku menjelaskan apa saja yang kurang dalam laporan eksplorasi data yang kbuat kemarin. Masih ada yang perlu diperbaiki. Setelah itu, aku diajarkan cara membuat sampling frame untuk survei yang sering dilakukan disana. Tugas selanjutnya ialah membuat sampling frame untuk beberapa daerah mulai dari kabupaten, daerah pemilihan, provinsi sampai untuk survei nasional. Hari itu juga kusadari bahwa pembuatan database sepertinya merupakan pekerjaan rumah karena di tempat PL selalu ada yang bisa dikerjakan selain browsing, chatting, dsb.

Sabtu, 28 Februari 2009, Back to Bogor

Yup, hari ini kembali lagi ke Bogor. Kenapa?

  • Akses internet di kostanku di Jakarta susah, walau di Bogor akses internetku juga udah dicabut, seenggaknya bisa nebeng ke temen atau lari ke kampus
  • Ga’ ada TV walaupun teman depan, samping kamar punya TV tapi kan ga’ enak ga’ bisa bebas nontonnya, ga’ bisa mindahin channel.
  • Makanan mahal disana
  • Sepi, walaupun ada teman sekostan
  • Janji mau ngasih installan software ke temen di Bogor
  • Ada makan-makan di kostan di Bogor, ultah pernikahan bapak ma ibu kost, hehehe
  • Pengen ke pasar kaget
  • Pengen mandi di aer yang agak ademan

Sekarang harus bikin rencana selanjutnya… Baca-baca lagi dan banyak belajar lagi,, Semangat

Iklan

3 Comments

  1. Rinci banget..
    sekalian aja dijadikan laporan kelompok..

  2. wah…. kangen ya ma Bogor, berarti beruntung juga donk kita yang di Bogor.. he..he…
    pokoknya selamat PL dech……

  3. @weib: sekalian,, ntar tinggal ngopi buat laporan, biar ga’ lupa
    @ade: iya, kangen bogor,, huehehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: