Skip navigation

Ga’ mau kalah dengan Nadya dan Dini yang udah bikin report PL selama seminggu ini, aku yang juga lagi PL mau bikin report juga selama seminggu ini..

Minggu Pertama

Hari Pertama, Senin, 16 Februari 2009, Mau ngapain yah hari ini?

Berangkat jam 8 pagi dari kostan bareng si Dicky, lewat jalan tikus yang pernah dilalui dulunya. Nyampe jam 8.30, mmm kepagian.. Masih lumayan sepi disana, JSI. Kami duduk di sofa sambil menunggu seorang bapak yang menyapa kami tadi.  Kami menuju ke ruangan yang terdapat meja-meja. Seorang office boy menawarkan minuman ke kami, yup, segelas teh hangat. Sebuah komputer baru belum terpasang. Kami membantu menata ruangan dan komputer pun selesai dipasang. Baru satu komputer dan itu ialah komputer yang akan kupakai selama 7 minggu PL. Sementara satu komputer lagi besok baru akan dipasang. Jam 9.30, kami mencoba internetnya, langsung instal menginstall software yang dibutuhkan. Karena merasa menganggur, kami ke atas mencari pembimbing yang akan memberikan tugas…

Jam 11 WIB, pembimbing pun datang dan memberikan tugas…

Mmmmm….

Tugas kami ialah mencari data nama desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota terbaru di semua provinsi di Indonesia diinternet, tentu saja ada data awal untuk tahun 2005. Ada 33 provinsi, kumulai dengan data Sumsel, sedangkan Dicky Sumbar sesuai dengan daerah asal masing-masing…

Satu hari belum selesai untuk satu provinsi, dilanjutkan di hari kedua

Hari Kedua, Selasa, 17 Februari 2009, Makanan banyak banget, Kenyang deh

Berangkat jam 8.30, karena perjalanan kurang lebih ditempuh dalam waktu 20 menit (untuk jalan kaki yang agak cepat). Melanjutkan kembali pekerjaan kemaren, alhamdulillah selesai satu provinsi dan dilanjutkan ke provinsi lain…

Hari itu cukup spesial, karena banyak makanan yang disediakan.

Pagi, seperti biasa minum teh hangat.

Jam 10.30, sebuah kue yang cukup banyak (ga’ tau nama kuenya, bentuknya bulat, manis)

Jam 11-an, makan siang seperti biasa lengkap disajikan.

Sorenya, Wingko Babat juga datang menghiasi meja kami..

kenyang banget hari itu,, nyaammmmm

Hari Ketiga, Rabu, 18 Februari 2009, Masih berkutat dengan data,, ahhh

Masih melanjutkan pekerjaan sebelumnya…

Baru dua provinsi dan belum selesai…

Hari Keempat, Kamis, 19 Februari 2009, Monitor Meledak

Masih mencari data, dua provinsi beres, Horeeee,, lanjut ke provinsi selanjutnya, NAD…

Ketika makan siang dengan asiknya, sambil membaca-baca data yang ada, tiba-tiba terdengar suara seperti ledakan kecil, monitor pun mati.. tercium bau kabel gosong dari dalam monitor.. What happen??? segera kumatikan komputer itu dan melanjutkan makan. Pembimbingku pun datang dan melihat keadaan komputer…

Ya sudahlah,, komputer kumatikan dulu daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena nganggur ga’ punya komputer dan laptop pun ga’ dibawa, akhirnya chatting pake hape… Karena bosen, masih 3 jam menunggu jam pulang, akhirnya kuputuskan untuk izin pulang duluan dan mengerjakan di kostan. Namun sebelumnya, aku telah mencari data dahulu di komputer temanku..

Hari Kelima, Jumat, 20 Februari 2009, Kerjaan diperringan, alhamdulillah

Seperti biasanya, kerjaan masih sama, yang beda ialah setelah diberi tahu apa yang akan kami kerjakan selanjutnya setelah data ini selesai (membuat database dari data tersebut dan ditampilkan dalam bentuk web),  kerjaan mencari data desa diperringan, hanya sampai level kabupaten dan kecamatan. Alhamdulillah,,, hari itu kuselesaikan data 4 provinsi…

Target selanjutnya

Menyelesaikan pencarian data terbaru di minggu kedua serta menyelesaikan database dan web di minggu ketiga dan keempat. Setelah itu baru aplikasi statistika diterapkan, di tiga minggu terakhir…

Pengen mencicipi aplikasi statistikanya seperti temen-temen yang laen…

Semangat Buat PL…

Iklan

2 Comments

  1. skrg gantian..
    setelah pusing dengan aplikasi stk (biarpun cm deskriptif)..
    skrg bagian pusing melototin peta

  2. hahahahaha…..
    iya nyari data tetep,,, eksplorasi data lanjut


One Trackback/Pingback

  1. […] Minggu Kedua Praktik Lapang, Makin Bervariasi 28 02 2009 Menyambung report sebelumnya di minggu pertama, ga’ kerasa, sudah berjalan 2 minggu kegiatan praktik lapang. Ayo kita lihat […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: