Skip navigation

newstat

Tepat satu tahun lamanya, kejadian 26 Januari itu. Minggu-minggu itu ialah minggu terakhir ujian akhir semester ganjil, waktu itu aku masih semester V. Ada apa dengan 26 Januari 2008? Waktu itu, aku tidak lagi ada ujian karena ujian terakhir ialah dua hari sebelumnya, 24 Januari 2008, ujian mata kuliah komputasi statistika waktu itu. Hari itu hari yang spesial, persis kayak martabak spesial pake telor. Hari yang penuh kesibukan karena hari itu ialah deadline pengumpulan tugas akhir praktikum Rekayasa Perangkat Lunak.

Setelah ujian terakhir berlalu pada hari kamis sebelumnya, kami segera membicarakan bagaimana menyelesaikan tugas tersebut. Kami yang tidak mengerti bagaimana membuat suatu program diwajibkan membuat suatu program sederhana. Yah, Newstat namanya, sebuah E-Learning mengenai mata kuliah Metode Statistika dilengkapi dengan cara perhitungan sederhana statistika deskriptif seperti rata-rata dan standar deviasi. Dengan modal nekat, kami kelompok Orange (aku, nadya, icad, modjo, k’hermawan) akan membuat suatu e-learning. Php ga’ ngerti, cuma dengan bekal basis data saja yang baru dipelajari semester sebelumnya. Untung saja banyak orang-orang baik yang mau membantu seperti nur andi, k’ fikri, dan lain-lain yang ga’ bisa dipersebutkan satu per satu karena saking banyaknya.

Menjelang pengumpulan tugas tersebut, tekanan hebat melanda, karena keterbatasan pengetahuan kami sehingga kami bingung bagaimana menyelesaikannya. Bahkan hari jumatnya, 25 januari 2008, kami malah sempat menonton film Ratatouille di Student Center FMIPA. Menjelang pengumpulan tugas pada hari itu, 26 Januari 2008, kami sudah stand by di SC FMIPA untuk mengerjakan tugas dibantu oleh temen-temen 42 yang mau meminjamkan laptopnya (Erwin, Poppy). Mencoba menyelesaikan program yang belum jadi, memperbaiki yang sudah ada, bahkan DPPL pun belum jadi, begitu juga dengan DUPL. Malam menjelang, kami masih berada di SC FMIPA. Malam itu sepi, ujian sudah berakhir. Tak ada yang memperingatkan kami kalau sudah jam malam. Suasana semakin mencekam. Di sekret GSB, terdapat juga kelompok lainnya, yah itu kelompok Meebox yang bernasib sama dengan kelompok Orange. Malam mencekam tugas pun belum selesai, kami sudah berbagi tugas. Aku masih mencoba memperbaiki sintaks-sintaks yang tak kumengerti itu. Nadya sedang sibuk membereskan DPPL sedangkan Irsyad telah menyelesaikan User Manualnya. Menjelang jam 24.00, kami segera mencoba mengirimkan tugas kami tersebut, tapi apa daya, tugas belum selesai, belum lagi ditambah dengan lamanya waktu attach file. Kami baru beres mengirimkan tugas pada hari berikutnya, 27 Januari 2008 pada pukul setengah dua pagi berbeda dengan kelompok Meebox yang sudah pulang sekitar jam setengah satu…. Sungguh berat malam itu…

Untuk mengenang hari bersejarah itu, berikut hasil kutipan sebuah halaman yang berjudul profil.php

PM

irsyadIrsyad, our PM. Mahasiswa Statistika semester V yang berasal dari Tanjung Pandan, Babel. Keuletan dan kecerdasannya tidak diragukan lagi, terbukti dengan hasil belajarnya yang cukup memuaskan. Selain kuliah di Statistika IPB, irsyad juga disibukkan dengan kegiatannya sebagai pengajar. Ga’ hanya ngajarin anak SMA, tapi juga anak kuliahan, mulai dari PM, Kalkulus, Metstat, dll. Selain lumayan sibuk dalam bidang akademiknya, ternyata dibalik sosoknya yang keliatannya rajin banget, irsyad juga menciptain lagu dan punya band juga lowh. Terbukti waktu kita ngerjain newstat ini bareng2, lagunya irsyad diputer, lumayanlah cukup menghibur dikala kestressan mulai melanda,hehe.

Analyst

melMelisa, Mahasiswi Statistika semester V IPB yang sekarang lagi liburan semester. Walaupun liburan, ternyata masih ada dua tugas kuliah lagi yang harus dikerjakan. Benar, memang salah satunya ialah newstat ini, yang cukup membuatku kadang-kadang pusing mendadak, kadang-kadang juga bikin bahagia, atau bikin emosi jadi labil. Whateverlah, semua ini memang berguna banget, sebuah pelajaran hidup yang dari ga’ tau jadi tau yang akan membuat suatu pengalaman berharga tentang kehidupan. Ga’ hanya tentang software, semuanya campur aduk disini. Skill, kerjasama, perasaan, moral semuanya jadi suatu kesatuan yang kompleks. Ya, memang itulah RPL, more than ordinary lesson. Setuju????!!!!

Programmer

modjoModjo, yang satu ini juga merupakan pribadi yang unik di STK42. Stylenya yang keliatannya nyantai dan kadang2 emang udah terlalu nyantai bikin modjo tambah unik. Gimana ga’, kuliah aja ga’ pernah bawa buku (maksudnya jarang banget), bisa ya…. Walaupun begitu, modjo neh, juga bisa serius juga terutama kalo ada proyek atau di organisasi, bener ga’?…. Terbukti dalam beberapa taun ini(kayak udah lama aja sampe bertaun-taun).

Tester

hermawanHermawan, mahasiswa STK 40. Ga’ terlalu tau banyak tentang k’ hermawan, tapi kayaknya k’ hermawan itu orang yang super sibuk…. pernah memimpin berbagai organisasi.




Documentation

nadyaNadya, mahasiswi STK 42. Nadya, sama seperti yang laennya (maksudnya anak stk) punya pribadi yang unik. Selain kuliah, Nadya ini juga anggota DPM FMIPA lowh yang hobinya rapat itu(heheheh)…. Nadya juga merupakan orang yang punya komitmen tinggi dan tanggung jawab(makanya jadi anggota DPM:)) terhadap apa yang dikerjakannya. Nadya juga punya rencana mau ngambil double minor, smangat Nad, jangan sampai tugas ini membuat nadya berpikir 2 kali. Selain itu, nadya itu tidurnya suka malem2 banget(apa ga’ ngantuk ya).

Iklan

2 Comments

  1. he9x… masih ada aja mel….
    masa2 pusing mikirin tugas…
    setengah dua pagi, untung ga ada yg jaga, hahahaha….

  2. eh nadya,,, anak DPM juga,, kok ada di SC sampe pagi???
    hehehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: