Skip navigation

Bingung, ga’ ngerti, yah, itulah yang dirasakan saat ini. Saya memegang beberapa fotokopian soal UAS Simulasi Statistika tahun lalu. Karena bingung,, ga’ ngerti,, akhirnya tanya-tanya ke yang lagi OL, kebetulan ada nadya disitu. Suatu obrolan dua mahasiswa Statistika di tengah-tengah Ujian AKhir Semester diadakan melalui YM.
Kondisi saat itu:
Saya sedang sangat kebingungan,, mau diapain yah soal-soal ini…
Nadya sedang setengah ngantuk…

Percakapan dimulai…

mel (22:54): nad
nadya_romanisti (22:55): knp?
mel (22:57): misalnya waktu keberangkatan seseorang ke kampus dr kostan menyebar normal dgn rata2 20 dan simpangan baku 3,6. Kuliah dimulai jam 9. terus dibangkitin data sebanyak 20 buah sesuai sama sebaran data di atas: 18, 26, 19, …., 19. jika mahasiswa ingin selalu tepat waktu, jam berapa sebaiknya mahasiswa berangkat dr tempat kost????
mel
(22:57): soal ujian simstat tahun 2003
nadya_romanisti (22:59): hahhh?? di apain tuh….
nadya_romanisti (22:59): kaya soal dr bu erfi pas uts kemaren…
mel (22:59): menurut lo pake apa?? SK atau pengujian hipotesis yah???
mel (22:59): bingung
mel (23:00): baru nomor 1.a nih
nadya_romanisti (23:00): pake SK kali yah…..
mel (23:00): SK 100 % gitu
mel (23:00): apa 95%?
nadya_romanisti (23:01): klo pengen tepat waktu mah kaya’nya 100%….
nadya_romanisti (23:01): klo 95% kan ada kemungkinan telat, ato kecepetan, ya ngga sih..?
mel (23:02): iyaaaa
mel (23:02): kata2 tepat waktu itu bisa berarti dia nyampe maksimal jam 9 bukan?

nadya_romanisti (23:03): iya sih….
nadya_romanisti (23:03): tp bisa juga artinya dia emang nyampe jam 9 pas…
nadya_romanisti (23:03): gakurang, ga lebih.
mel (23:04): susah itu mah
mel (23:04): kan ada ragamnya
nadya_romanisti (23:05): iya sih… klo gitu bikin selang sesempit mungkin…
nadya_romanisti (23:05): 99% aja….
mel (23:06): udah gw cobain SK 99%
nadya_romanisti (23:06): trus?
mel (23:07): SK-nya dari 17-26 menit
mel (23:07): berarti maksimal perjalanannya itu memakan waktu 26 menit
mel (23:08): jadi 8.34 dia berangkat
nadya_romanisti (23:08): iya….
nadya_romanisti (23:09): klo gitu paling lambat dia berangkat 8.24..
nadya_romanisti (23:09): 8.24 deng…
nadya_romanisti (23:09): paling lambat apa paling cepet ya…
nadya_romanisti (23:09): paling cepet deh…
mel (23:09): paling lambatlahh
mel (23:10): 8.34
mel (23:10): yang penting kan dia ga’ telat
nadya_romanisti (23:10): kan dia bisa berangkat jam 8.43……
mel (23:11): terserah kalo dia mau berangkat kurang dr itu
nadya_romanisti (23:11): paling cepet 8.34, paling lambat 8.43….
mel (23:11): klo dia berangkat jam 8.43 kan belum tentu dia nyampe dalam 17 menit
mel (23:11): ada keragaman disitu yang ga’ dia tau
nadya_romanisti (23:11): hoho… iya juga…..
nadya_romanisti (23:12): iya2…. bener…
mel (23:12): jadi paling lambat dia harus dateng jam 8.34
nadya_romanisti (23:12): jadi ambil waktu tertinggi nya ya,,,
mel (23:12): dasar yah,,, klo kita mah,, kuliah jam 7 berangkat jam 7
nadya_romanisti (23:12): iya… berangkatnya….
mel (23:12): ga’ pake diukur2 dulu
nadya_romanisti (23:13): iya….
nadya_romanisti (23:13): lagiian ga tau sebarannya… hehehe….
mel (23:13): diduga pake bootstrap
mel (23:13): hahhahaha
nadya_romanisti (23:14): bisa sih,,,,,,
nadya_romanisti (23:14): cari datanya dulu klo gitu….
mel (23:15): berarti tiap berangkat kita ngitung dulu nyampenya berapa menit
mel (23:15):
mel (23:16): soal 1.b
nadya_romanisti (23:16): iya….
nadya_romanisti (23:16): tp kan kecepatan kita bisa beda2 tiap saat ya…
mel (23:16): jika lebih dari 10 menit telat ga’ boleh masuk (bu erfi banget deh)
nadya_romanisti (23:17): barusan soal satu be?
mel (23:18): iya,,, dengan waktu tempuh di atas, berapa peluang mahasiswa tsb terlambat jika dia berangkat jam 8.45?
mel (23:18): berarti sama kayak P(x>25) bukan?
nadya_romanisti (23:18): berarti telat klo waktu perjalanannya 25 menit ya?
mel (23:18): iya
nadya_romanisti (23:19): yup… bener.,….
nadya_romanisti (23:19): hahaha…..
nadya_romanisti (23:19): kaya soal metstat ya,,,,
mel (23:19): iya
mel (23:21): 0.0823
mel (23:21): peluangnya segitu
nadya_romanisti (23:22): kecil juga peluang telatnya….
mel (23:22): iya,, kan biasanya cuma 20 menit
mel (23:24): 1.c
mel (23:24): untuk bisa mengikuti UAS, minimal dateng 13 kali dari 16 kali pertemuan
mel (23:25): berapa peluang mahsiswa tidak boleh ikut UAS???
nadya_romanisti (23:25): masih terkait ama yg b ngga?
mel (23:26): ga’?
mel (23:27): pake binom bukan c????
nadya_romanisti (23:27): b’arti nyari peluang telat >3 ya?
mel (23:27): iya
mel (23:27): kayaknya masih terkait deh ma soal no.1b
nadya_romanisti (23:28): ia klo ga diketahui kaya yg soal b….
mel (23:29): 1-P(x<=3)
mel (23:30): dengan p=0.0823 yang dari soal b…
nadya_romanisti (23:30): iya…
nadya_romanisti (23:30): tetep pake binom ya? yg 1-P(x<=3) nya?
nadya_romanisti (23:31): yup….
nadya_romanisti (23:32): tp klo ga terkait ama yg b b’arti p=0.5 ya?
mel (23:32): iya
mel (23:32): di soalnya sih,, berapa peluang mahasiswa tersebut…
mel (23:32): kayaknya nyangkut sama 1.b
mel (23:33): klo yang 1.a dia kan datengnya ga’ pernah telat
nadya_romanisti (23:33): b’arti terkait ama yg b….
nadya_romanisti (23:34): iya…
mel (23:36): hasilnya 0,037 klo ga’ salah ngitung
mel (23:39): Kalau yang soal nomor 2 kayak metstat lagiii
nadya_romanisti (23:39): apa?
mel (23:41): 2. N = 4 {2, 4, 6, 8}. ambil contoh n=2 tanpa pemulihan,, buktikan dengan simulasi klo ragam contoh penduga berbias dari ragam populasi
nadya_romanisti (23:42): hooo… tinggal diambila semua kemungkinan yg bisa kan?
nadya_romanisti (23:42): trus di uji deh…
nadya_romanisti (23:42): ada di walpole klo ga salah….
mel (23:42): iya bener banget
mel (23:42): untung contohnya tanpa pemulihan jadi lebih dikit
mel (23:42):
mel (23:43): btw ini ujian simstat apa metstat???
mel (23:43): kayak Qc dulu juga mirip metstat yah
nadya_romanisti (23:43): iya…. tp klo pake pemulihan juga ga banyak2 bgt…
nadya_romanisti (23:43): kan n nya cuma 4…..
mel (23:43): iya tapi lebih banyak
nadya_romanisti (23:43): iya… jangan2 salah soal..
mel (23:44): ga’ laahhh
nadya_romanisti (23:44): iya
mel (23:44): gw mau kerjain ahhh
nadya_romanisti (23:44): hohoho….
mel (23:45): cuma 6 sampel
mel (23:45): latian aja siapa tau ujiannya sama lagi
mel (23:45):
nadya_romanisti (23:46): betul…
nadya_romanisti (23:47): eh mel,,, tw no. ini ga? 0856*******? [sensor]
mel (23:48): ga’ tauuu
nadya_romanisti (23:55): soalnya apa lagi?
mel (23:55): oke lanjut
mel (23:56): no. 3
mel (23:57): jika U~seragam(0,1), X=f(U) ~ gamma (a,b) dan Y=f(x) ~ gamma(a,1)
mel (23:57): tentukan X, Y, E(X), dan E(Y)?
nadya_romanisti (23:58): hwahhhh… pake materi yg uts bukan?
mel (23:58): iya kayaknya
mel (23:58): cari nad,,, gw baru mau nyari neh
nadya_romanisti (0:00): duh… mesti bongkar2 dulu…..
nadya_romanisti (0:00): bentar……
mel (0:00): gw juga
mel (0:04): X=-(ln(U1*U2*….*Ua))/b
mel (0:04): Y=-(ln(U1*U2*….*Ua))
mel (0:04): bener ga’ c?
nadya_romanisti (0:07): bener… baru mw gw ketikin,, keduluan.. hiks….
mel (0:07): yaudah ketikin E(X)-nya
nadya_romanisti (0:07): nyari dulu….
mel (0:08): sama
mel (0:08): bingung nyari E(lnU) tuh apa yah?
mel (0:08): apa langsung pake rumus jadi….
nadya_romanisti (0:09): sama….
nadya_romanisti (0:10): klo udah mentok bisa aja sih….
nadya_romanisti (0:10): tp mestinya lewat umus yg didape bukan….
nadya_romanisti (0:10): boleh ga ln nya dikeluarin?
mel (0:11): pake rumus integral gitu
mel (0:12): inget ga’ klo E(g(X))=integral dari (g(X)*fungsi peluangnya)
nadya_romanisti (0:12): pake integral? gmn caranya?
nadya_romanisti (0:12): yup….
mel (0:13): jadi integral(lnX*1)
nadya_romanisti (0:13): koq kali 1??? bingung….
mel (0:14): kan fungsi peluangnya buat uniform (a,b)=1/(b-a)
mel (0:14): karena (a,b)=(0,1)
mel (0:14): jadi f(u)=1
nadya_romanisti (0:15): ok… ok….
nadya_romanisti (0:15): eh iya.. kan E(ln(U1*U2*…*Ua)
nadya_romanisti (0:15): bisa di pecah/dipisah ga?
mel (0:15): bisa,,,
mel (0:16): kan ln(U1*U2*…*Ua)= (lnU1+lnU2+…+lnUa)
mel (0:17): jadi….
nadya_romanisti (0:17): oh iya…. waduh…. udah banyak lupa,,, gawat…..
mel (0:17): baru pemanasan
nadya_romanisti (0:17): sigma E(ln Ui)?
mel (0:17): E(x)=-a/b
mel (0:18): iya
mel (0:18): E(Y)=-a
nadya_romanisti (0:18): cepet amat ngitungnya…..
mel (0:19): kan udah ada rumus X sama Y nya
mel (0:19): jadi tinggal dipecah aja
nadya_romanisti (0:19): iya….
mel (0:20): clear neh nomor 3
mel (0:21): pake negatif ga’ sih nad
mel (0:21): kok gw liat dirumus buat nyari nilai harapan gamma tuh ga’ ada negatifnya yah….
nadya_romanisti (0:21): pake….
mel (0:22): sebaran gamma kan ga’ pernah negatif
mel (0:22): apa kita salah ngitung???
nadya_romanisti (0:22): tp rumusnya kan emang pake negatif….
mel (0:23): ohh
mel (0:23): nad
mel (0:23): ada yang terlupakan oleh kita
nadya_romanisti (0:23): ln o. sekian itu negatif mel…
mel (0:23): yupp
nadya_romanisti (0:23): jadi hasil nya ntar positif bukan?
mel (0:24): iya
mel (0:24): ngerubahnya jadi positif tuh pas kapan ya?
nadya_romanisti (0:26): hmmm…. pas ngitung nilai hrapannya ya?
mel (0:26): iya
mel (0:27): yang pas E(lnU) bukan?
nadya_romanisti (0:27): kaya’nya di situ….
nadya_romanisti (0:28): klo ga kan abis itu hasil dr E(ln Ui) nya udah positif kn?
mel (0:29): ntar
mel (0:31): oya,, sebenernya integral dari lnU dengan batas (0,1) itu positif atau negatif c…
mel (0:31): ?
nadya_romanisti (0:31): waduh….. ngga connect gw mel..
nadya_romanisti (0:31): ngantuk… hehehe….
mel (0:32): yasud klo gitu,,, integral ln(x) = 1/x ya
nadya_romanisti (0:32): iya
mel (0:32): pa salah?
nadya_romanisti (0:33): eh… bukan turunan ln x = 1/x?
mel (0:33): oh iya
mel (0:33): kebalik gw
mel (0:33): hahahah
mel (0:33): integral ln x pake integral parsial yah
nadya_romanisti (0:34): iye…
mel (0:37): iye,,, integral lnU jadinya -1
mel (0:38): masih smangatkah???
nadya_romanisti (0:38): ngantukkk……………..
mel (0:38): tinggal 1 soal lagi
nadya_romanisti (0:38): besok liat yah yg bagian ini….
mel (0:38): otreee,,,
mel (0:39): gw save ah chattingan ini,, heheheehehe

Tinggal satu soal lagi… Bingung lagi…

Mulai ngantukkkk….

Zzzzzz……..

Iklan

6 Comments

  1. wahhhh… keduluan..
    padahal mw gw posting juga…

  2. hahahaha….
    makanya jangan bobo dulu…

  3. Salam kenal kak,,Ahmad STK 44 (http://ahmad-dj.blogspot.com)
    Kebetulan ga sengaja mampir kak, soalnya lagi browsing tugas dari bu erfi juga sih, ttg SIMSTAT…
    wah,,nnt minta bantuannya ya kak, ajarin simstat…hhe
    -mksh-

    • salam kenal juga ahmad,,
      ajarin ttg apanya nih,, dah banyak yang lupa, hoho

  4. Salam STK kakak-kakak semua.
    sekarang giliran kami, STK46 yg ambil SIMSTAT.

    doain kita ya kak lancar, ajarin juga dong Y__Y #tersedu-sedu

    • udah angkatan 46 aja yang ambil Simstat..
      Betapa tuanya saya, haha
      moga lancar belajar Simstatmya..
      Salam kenal yah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: