Skip navigation

Musim ujian sudah tiba, UAS semester ganjil awal tahun ini sudah seminggu diadakan. Saya masih tetap ada ujian walau cuma 3 mata kuliah. Daripada ujian ga’ ada kerjaan mending ngawas ujian aja, lumayan buat makan siang…

Saya telah mendaftarkan diri sebagai pengawas untuk empat mata kuliah TPB dan rencananya mau diperbanyak lagi dengan mengawas mata kuliah dari departemen. Namun apa daya, dari empat mata kuliah TPB ada satu mata kuliah yang ditolak yaitu Pengantar Matematika. Mata kuliah yang satu ini memang banyak peminatnya untuk jadi pengawas, gosipnya bayarannya lumayan gede. Lagian pada hari senin saya memang tidak bisa mengawas karena ada pengumuman praktik lapang. Harapan lainnya ialah ngawas mata kuliah dari departemen seperti Metode Statistika, Aljabar Matriks, dsb. Ternyata mulai sekarang ini yang mengawas ialah staf tata usaha dan seorang mahasiswa dan itupun sudah ditentukan oleh staf tata usaha, siapa yang akan mengawas.

Akhirnya setelah mendaftar menjadi pengawas dimana-mana (sebenernya temen yang daftarin), jadwal ngawas pun sudah ada untuk empat mata kuliah : Fisika, PPKN, Metstat, dan PIP.

Rabu, 21 Januari 2009, tepat pukul 10 pagi, saya bergegas ke Lab Fisika untuk briefing pengawas. Ternyata sudah mulai dari tadi briefingnya dan saya mengawas di RK C4 bersama kedua temen saya (Nadya dan Arie). Lama menunggu jemputan untuk ke FPIK dan akhirnya telat datang ke tempat ujian. Ternyata yang saya awasi saat itu ada 13 orang mahasiswa Statistika angkatan 45. Karena cukup bosan mengawas ujian Fisika, lebih baik foto-fotoin anak yang lagi ujian. Sayangnya, kamera HP saya itu ga’ bisa candid camera, suara kamera dan flashnya ga’ bisa dimatiin walau sudah dalam kondisi off. Untuk meredam suara kamera, saya tutup pakai jari speakernya (tempat keluarnya suara). Lucunya mereka, ada yang ngerjain soal Fisika sambil ‘makan’ KTM dan ada juga yang mukanya ketutupan rambut waktu ngerjain ujian…

mels-f0t0522(yang sebelah kanan lagi ngunyah KTM dan yang di belakangnya lagi nunduk ampe semua lembar jawaban ketutupan rambut)

Kamis, tepatnya jam 1 siang, saya bersama pengawas lainnya menuju GWW untuk ngawas ujian PPKN. Saya kebagian mengawasi di lantai dasar. Uh ga’ enak deh ngawas di ruangan besar seperti GWW, ga’ bisa duduk-duduk kelamaan atau sambil baca-baca di belakang. Ada dosen yang mengawasi serta pengawas-pengawas lain yang berseliweran. Untungnya waktu ujian cuma 90 menit dan ada HP yang selalu setia menemani. Ngawas ujian sambil dengerin musik, asik deh, walau pegel juga muter-muter ga’ jelas di tengah-tengah peserta ujian…

Hari ini, jumat jam setengah 2 siang, saya bergegas menuju tata usaha Departemen Statistika untuk mengambil soal dan lembar jawaban metode statistika. Ternyata soalnya baru diprint dan baru mau difotokopi, capek deh… Bentar lagi jam 2. Hari ini mengawas anak Manajemen 44 di HREK 1, cukup jauh dari departemen. Dengan tergesa-gesa, sampai juga di HREK 1 dan ujian baru dimulai pada pukul 2 lewat 6 menit. Kali ini mahasiswanya agak bandel, ada yang contek-contekan, tanya sana-sini, lirik kanan-kiri. Udah ruangan sumpek panas banget ditambah kebandelan mereka jadinya saya ga’ bisa santai-santai mengawas kali ini. Akibatnya saya sering mondar-mandir, bolak-balik sambil berdiri nyaris di setiap waktu ngawas. Duduk sebentar saja sudah ada yang tengak-tengok kanan kiri. Pegel banget rasanya, ga’ istirahat, berdiri dan bolak-balik demi uang 15 ribu rupiah. Wah capeknya,, sampai sekarang masih pegel-pegel rasanya… Kalau MK TPB saya bisa dapat 25 ribu sekali ngawas, untuk MK Statistika cuma dapet 15 ribu. Sore ini, uang tersebut udah tinggal 6 ribu karena 9 ribunya sudah saya belikan soto ayam dan jus jambu…

Tinggal satu lagi yang belum dilaksanakan, mengawas ujian PIP, selasa depan…

7 Comments

  1. Ngawas ujian TPB seru juga ya Mel …

    UAS PIP, satu-satunya ujian dimana erwin mencontek sekitar 10 soal, coz ada 3 bab yang belum sama sekali dibaca hahaha …

    seru … seru …

  2. iya,, seruuu rameeee….
    PIP asik deh pokoknya,, suka deh baca bukunya pak Andi
    btw waktu ujian PIP ga’ nyontek loh,, 2 tahun yang lalu

  3. H Rek 1 emang panas banget klo siang2….

    mereka emang bandel2 Mel…Si Popon aja dulu dicuekin pas UTS..he he he…

  4. dicuekin?? Ohhh tentu tidak,,, kan sudah minum teh kotak,,,
    hehehe
    bener2 paling capek ngawas metstat kemaren

  5. hehehe, tadi gw bis ngawas PIP…
    ada satu anak yang nyontek (gelagatnya kentel banget sebagai seorang pencontek sejati)
    ya udah tadi gw liatin doang biar dia jiper…

    eh, pas terakhir tahu apa yang terjadi???
    dia belum ngebuletin jawabannya coz dia terlalu asik nyontek…
    ya udah gw itung ampe 5 dan gw ambil kertasnya…

    kok nyontek gak pake strategi?

  6. hahaha….
    aneh2 aja,, emang ga’ lo peringatin berapa menit lagi gitu…
    punya gw ada c gelagat nyontek,, terus ge duduk aja deket sama yang nyontekkk biar ga’ bisa nyontek lagi,, hihihi…

  7. Enak ya jadi pengawas…
    Gak kaya “yang diawasi”


Tinggalkan Balasan

