Skip navigation

Lagi-lagi, kejadian yang terlupakan olehku di Jumat, 17 Oktober 2008. Pagi itu, aku mencoba mengingat apa saja yang akan kulakukan. Oh, jam 9.30 ada Halal Bihalal Statistika, jam 10.30 praktikum Simulasi Statistika, jam 13.15 kuliah Simulasi Statistika, sorenya mau ngumpulin anak-anak sekelompok buat ngomongin tugas MPTP. Habis sholat Shubuh, kuhabiskan waktu untuk melihat lembaran bertumpuk-tumpuk yang dari semalam ada di kasurku. Sambil mengkoreksi semua tugas itu, aku pun masih sempat-sempatnya smsan dengan teman-temanku anak Statistika juga. Jam 7 kurang 10 menit, hp berdering, ada 3 sms masuk, 2 sms dari temanku dan satu sms lagi dari seseorang mahasiswa TPB angkatan 45. Apa isi smsnya….???

Lupa Lagi

Aslkm. Mb’, ntar jam 7 jadi kan?

Heh,, sumpah,, aku lupa kalau hari itu aku ada janji dengannya, Iyank namanya. Seorang mahasiswi baru yang beberapa hari yang lalu menghubungiku untuk privat Pengantar Matematika. Iyank adalah teman dari salah seorang yang pernah ikut privat denganku. Dulu, aku bersama teman-teman memang pernah membuka kelas belajar terbuka untuk mata kuliah Pengantar Matematika seperti yang banyak dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa FMIPA lainnya dengan tujuan mencari sedikit tambahan penghasilan dan mengisi waktu luang. Sekarang sebenarnya kami tidak mempromosikan lagi kelas belajar tersebut. Mahasiswa, apakah layak ikut bimbingan belajar? Saya juga pernah ikut bimbingan belajar waktu TPB, maklum saya masih belum percaya diri, belum percaya pada kemampuan diri waktu itu…

Kembali ke agenda yang terlupakan, kegiatan mengajar pertama yang seharusnya ada pagi itu jam 7 pagi. Aku langsung panik dan membalas sms tersebut,

Jadi, tapi mulainya jam setengah delapan aja, aku masih ada urusan di kostan…

Sebenarnya hanya untuk mengulur waktu untuk mandi dan bersiap-siap, sayangnya Iyank sudah berada di kortan ketika itu. Aku segera ke kamar mandi,,, tet tot,,, airnya mati,,, terpaksa mandi dengan air seadanya yang masih tersisa di bak mandi. Setelah itu aku sibuk mencari-cari catatan kuliah PM dulu serta modul yang telah kami persiapkan waktu dulu. Berangkat ke kampus dengan tergesa-gesa sambil membaca catatan, tidak lupa pula untuk fotokopi modul terlebih dahulu. Masih inget ga’ ya PM itu kayak gimana,,,, Pertemuan pertama sudah menimbulkan kesan yang tidak baik, mana belum baca lagi bahannya. Ya Allah, mudah-mudahan aku masih inget…

Jam 7 lebih 25 menit sampai juga di kortan, tempat pertemuan. Kulihat seorang mahasiswi yang sedang duduk sambil mengerjakan soal-soal ujian PM. Itu pasti Iyank. Kutemui dia dan berkenalan, maapkan aku karena telat. Untung saja ini baru pertemuan pertama, baru membahas logika matematika. Modul yang dulu kami susun sangat membantu. Kegiatan mengajar pun berjalan lancar… 😀

Curhat

Setelah mengajar privat, rencananya aku mau ikut halal bihalal tapi kok ga’ mulai-mulai yah??? Akhirnya waktu dihabiskan dengan mengobrol dan curhat…Curhat hanya untuk sekedar menenangkan hati dan pikiran. Hari ini, banyak temanku yang curhat dengan segala permasalahan yang ada. Level 7 FMIPA merupakan tempat terbaik untuk merenung dan curhat ketika kepenatan melanda. Tempat andalan ketika aku dan teman-temanku merasa bosan, penat, sedih ataupun senang. Tempat yang asik untuk memandang keadaan sekitar untuk menghilangkan rasa jenuh. Turun dari level 7 akan membuat hati menjadi lebih tenang.

Masalah halal bihalal terlewatkan begitu saja.

Mengingatkan Kembali

Kuliah siang itu membahas pembangkitan bilangan acak normal dari bilangan acak seragam. Aku belum baca bahan kuliah sama sekali (memang selalu begini sih sebenarnya). Kami diminta mengingat kembali mata kuliah semester 3 dan 4 karena masih berhubungan dengan bahasan kali ini. Waktu membahas Jacobian, teman-teman bilang kalau itu ada di mata kuliah Teori Statistika 1. Emang ada yah? Perasaan di Kalkulus 3 deh, apa di Analisis Numerik yah. Kenapa aku ingetnya di mata kuliah non-Statistika bukan di mata kuliah Statistika seperti yang dipikirkan teman-temanku. Pasti teman-teman sudah mempersiapkan diri untuk ujian komprehensif pikirku, lah aku? Apa udah belajar???

Ketika ditanya suatu pertanyaan sederhana tentang Teori Statistika 1, ada yang menjawab dengan benar. Aku bertanya kepadanya dengan seriusnya, ”emang kenapa jawabannya kayak gitu?”.”Gw gitu loh”, jawabnya sambil ketawa dan agak-agak narsis. Aduh, bukan jawaban itu yang aku inginkan…Huh,,, harus belajar lagi neh…

Hari itu aku diingatkan pada ujian komprehensif yang akan diadakan semester ini. Sudah sampai mana persiapkanku??? Masih 5%, ga’ lebih…

Aku juga jadi sadar kalau UTS itu sebentar lagi, tugas-tugas kelompok dan individu tiap minggu untuk semua mata kuliah belum dikerjakan. Apa saja yang telah kulakukan selama ini? Belajarkah? Ngerjain tugaskah? Atau sibuk memikirkan penelitian? Ga’ juga…

Change!

Aku harus berubah… pikirku…

Kapan lagi mau mulai? Jangan hancurkan usaha 3 tahunku ini hanya dengan kegiatan-kegiatan yang tidak terlalu penting. Aku harus melawan semua rasa malas dan jenuh… Perjuanganku belum selesai… Target semester ini harus tercapai… Ujian komprehensif jangan sampai gagal, begitu juga dengan mata kuliah lainnya. Penelitian? Lupakan dulu untuk sementara setelah ujian komprehensif selesai…

Ya Ya,,, apakah IP 4 semester ini hanya menjadi impian??? Impian yang harus kuwujudkan…

Smangat!!!

Iklan

3 Comments

  1. He he gak ikut…
    Halal Bi Hala…
    Kan gi di Lab Kom Stk waktu itu Mbak?

  2. iya..ampe maluuu banget..
    pas si Ibu nyuruh ngerjain soal yang ada fungsi kepekatan peluang normal…
    hiks..hiks..
    emangnya semua yang dari Belitung itu harus kyk Lintang yah???..
    kan masih ada mahar, ikal, harun dan yang lainnya..jadi namanya laskar pelangi,,,.(ngeles nih ceritanya…)

  3. @nurussadad: iya,, trus jalan2 deh
    @weib: evaluasi buat kita semua,,, inget,, kompre udah deket


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: