Skip navigation

Minggu kemaren dapet tugas MPTP pertama. Selain disuruh baca buku, kami juga disuruh membuat suatu karangan serta biodata. Intinya kayak gini:

Nama : Melisa

NRP : G14050149

Asal SMA : SMA Negeri 1 Pagaralam, Sumatera Selatan

Minor : Ekonomi dan Studi Pembangunan

SC : Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Informasi

IP TPB : 3 koma sekian lah

Nilai Bahasa Inggris TPB : A

Harapan nilai MPTP : 9,5 (A)

Tugas

  1. Mengapa mengambil Departemen Statistika dengan minor Ekonomi dan Studi Pembangunan?
  2. Mengapa mengambil Departemen Statistika dengan supporting course Rekayasa Perangkat Lunak dan Sistem Informasi?
  3. Bagaimana kira-kira pemanfaatan Statistika dalam minor atau SC tersebut?

Okay, ada beberapa alasan yang mendasar mengapa aku memilih departemen Statistika:

1. Aku suka matematika…

Loh kenapa ga’ masuk matematika aja… Kan katanya suka matematika…???

2. Aku tidak terlalu suka pelajaran yang sifatnya hafalan karena akan membosankan….

Mata kuliah hafalan akan membuatku belajar pada saat ujian saja atau yang disebut dengan SKS (sistem kebut semalam). Mata kuliah yang seperti ini akan cenderung membuatku untuk menghafal saja, tidak memhami ke dasar dan intinya, cepet hafalnya cepet juga hilangnya…

3. Lapangan pekerjaan untuk statistikawan cukup luas, tidak terbatas. Harapanku setelah lulus aku dapat pekerjaan dengan cepat. Yah, apalagi yang kita cari selain ilmu….

4. terkesan eksklusif karena statistika juga merupakan salah satu departemen favorit di IPB

5. Departemen Statistika hanya berada di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, Statistika langkah…

Awalnya hanya itu yang terpikir di benakku tentang Statistika namun aku juga punya alasan lain yaitu

6. Membantu menyelesaikan permasalahan di bidang lain.

Selain menimba ilmu di departemen Statistika, aku diwajibkan untuk mengambil minor atau supporting course untuk memenuhi kebutuhan minimal sks untuk menjadi sarjana S1 IPB. Bingung sebenarnya,… Awalnya aku ingin mengambil minor sistem informasi namun setelah dilihat mata kuliahnya ada yang sama dengan mata kuliah interdept mayor Statistika sehingga jika mengambil minor tersebut aku juga hrus mengambil dua mata kuliah lagi di luar mayor dan minor. Untuk sc aku belum memikirkannya. Setelah pertemuan pertama aku dengan PA aku memutuskan minor-minor yang mungkin kupilih, yaitu Ekbang, SI, riset operasi dan ilmu konsumen. Ekbang punya 7 mata kuliah yang berjumlah 21 sks sehingga total sks yang kubutuhkan sudah lebih dari 144 sks. Setelah melalui proses krs online yang menegangkan, aku berhasil mengambil minor ekbang….

Kenapa Ekbang???

1. Ekbang, berhubungan dengan perekonomian Indonesia menarik untuk dikaji

2. Aku dapat mengetahui ilmu-ilmu ekonomi secara lebih dalam

3. Aku juga suka mk ekonomi

4. Aku bisa menerapkan ilmu statistika dalam bidang ekonomi. Apalah artinya statistika tanpa ilmu lain.

Hubungan Statistika dan Ekonomi???

Statistika dan ekonomi berhubungan erat lah…

Statistika digunakan sebagai alat analisis permasalahan ekonomi. Dengan statistika, kita dapat menyelesaikan permasalahan ekonomi, membantu mengambil keputusan dalam bidang ekonomi yang tentunya dapat digunakan sebagai parameter untuk mengambil suatu kebijakan ekonomi. Pokoknya Statistika itu digunakan dalam pengkajian suatu teori ekonomi, mulai dari pengumpulan data, pengujian hipotesis, analisis, sampai pada peramalan.

Selain mengambil mata kuliah minor, aku juga mengambil dua mata kuliah sc dari ilmu komputer. Tidak dapat dipungkiri bahwa statistika erat hubungannya dengan ilmu komputer. Ilmu komputer dapat digunakan untuk mempermudah perhitungan Statistika. Kerumitan perhitungan Statistika sulit dilakukan secara manual. Akan lebih cepat dan efisien jika menggunakan bantuan komputer.

16 Comments

  1. Setuju!!
    Saya kurang suka pelajaran yang berbau hafalan..
    Enakan ngitung dan make logika….

  2. minor kitahhh sama Mbak…..
    *dapet sasaran buat minjem buku*

    ujian komprenya kapan Mbak??

  3. koq lebih singkat dari aslinya yah??

  4. satu lagi…
    statistika butuh data banyak, dan data di bidanga ekonomi dan finansial sangatlah banyak… (bahkan yg bikin teori ekonomi tidak sedikit dari Prof Fisika, karena Fisika miskin data)

  5. @auzi: hidup fmipa
    @nurussadad: ga’ tau kapan, kemungkinan pas uts
    @nadya: ntar klo ditulis semua kepanjangan nad, jadi intinya aja yang gw tulis…
    masa gw tulis dr gw SMA juga kenapa STK
    @mang kumlod: betul banget, buktinya banyak banget permasalahan ekonomi yang diselsaiin pake stk

  6. hidup ekonomi pertanian..
    minim praktikum…

  7. *ngingetin*
    pinjem buku

  8. @nurussadad: kasih pinjem ga’ ya?….
    emang mau buku apa?
    makro? mikro? ekbang? ekreg?

  9. Mba qt beda…
    aq benci ekonomi!!!

  10. @4estercute: wah padahal seru loh, tapi suka gajebo juga kuliahnya, banyak hafalan

  11. aku tahun ini lulus SMA tapi masih bingung mau fakultas apa. karena kaka ku anak statistik juga makanya dia nyaranin msk statistik.
    sebenernya aku juga suka matematik, tapi ada ga jurusan yang ga banyak hafalan dan banyak matnya selain statistika dan matematika?
    thanks ka

  12. hallo,
    lam kenal!
    C14051305

  13. saya jg jur stk ipb 47, br tpb tp susah ga sih sbnrnya msk stastistik, saya tkt paling gmn aj gt dsitu, kan aku ga kbayang gimana plajarannya..smoga aja saya bisa ya..

    • salam kenal yah nn,, tenang aja, kita belajar stknya mulai dr dasar kok… nikmati aja kuliahnya

  14. salam kenal juga semuanya ^^


Tinggalkan Balasan

