Skip navigation

Sudah seminggu perkuliahan dimulai, perkuliahan di semester 7. Semester ini aku mengambil 14 sks, tapi yang tercantum di KRS-ku hanya 12 sks. Tepatnya ada 5 mata kuliah yang kuambil, yaitu Topik Khusus Statistika, Analisis Perancangan Survey, Metode Penelitian dan Telaah Pustaka, Simulasi Statistika, dan Ujian Komprehensif.
Topik Khusus Statistika (3 sks)
Mata kuliah ini baru ada secara independent pada semester 7 angkatan 42. Dulunya mata kuliah ini disatukan dengan penyusunan laporan Praktik Lapang di semester 8. Kami juga belum tahu awalnya bagaimana nantinya mata kuliah ini. Setlah kuliah pertama dengan Pak Hari, aku tahu apa inti dari mata kuliah ini. Selama setengah semester atau periode sebelum UTS kami tidak ada kuliah dan praktikum. Semua itu diganti dengan usaha kami untuk memperkenalkan lab analisis data dan menjadi konsultan mulai dari konsultasi desain penelitian sampai dengan analisis datanya. Hal ini sudah kami mulai di lingkungan IPB dengan membuat stand-stand analisis data di tempat-tempat tertentu di IPB (Lab Analisis Data, FEMA, LSI, Rektorat, Fahutan, FPIK-FAPET, dan FKH). Selain di IPB, rencananya kami akan merambah ke universitas lain di luar IPB di sekitar Jabodetabek. Tiap orang harus mendapatkan minimal 2 orang klien yang nantinya akan dibuat laporan hasil konsultasi tersebut. Periode selanjutnya setelah UTS, kami baru akan mendapatkan kuliah mengenai aplikasi Statistika di bidang lain seperti penginderaan jauh, keuangan dan lainnya dengan mendatangkan pembicara atau praktisi di luar dosen Statistika.
Analisis Perancangan Survey (3 sks)
Berbeda dengan mata kuliah Topik Khusus Statistika, mata kuliah ini ada kuliah di setengah semeter awal atau periode sebelum UTS dan terjun lapang di periode UAS. Kuliah ini berisi bagaimana cara mendesain sebuah survey mulai dari rancangannya, instrumen penelitian, metode pengambilan sampel serta sampai ke pembuatan form entry data. Di periode UAS, kami secara berkelompok akan melakukan suatu survey berdasarkan teori yang sudah kami peroleh sebelumnya.
Metode Penelitian dan Telaah Pustaka (3 sks)
Mata kuliah ini sesuai dengan namanya, berisikan bagaimana sih cara menjadi peneliti atau ilmuwan itu? Apa saja yang harus dilakukan? Intinya membiasakan kami untuk menulis ilmiah apalagi sebentar lagi kami akan menyususn karya ilmiah di semester 8. Ada beberapa bentuk tugas mata kuliah ini yaitu tugas pribadi, tugas kelompok, dan tugas kelas selain penilaian juga dilihat dari UTS dan UAS. Tugas pribadi pertama yaitu kami disuruh membuat data pribadi berisi nama, nrp, asal, IP TPB, dan sebagainya, membuat karangan satu lembar berisi alasan masuk Statistika dengan minor tertentu serta kaitan minor dan mayor. Tak kalah pentingnya kami juga disuruh membaca kompas terbitan rabu 27 Agustus 2008 serta buku teks seperti ”Nasihat untuk Ilmuwan Muda”, buku karangan Pak Andi H.N lainnya, serta buku ”The Craft for Research”. Yang menarik ialah tugas kelas yang wajib ada, jika tidak ada maka nilai kami untuk mata kuliah ini tidak akan keluar. Kalau angkatan 40 melakukan survey tentang kajian peringkat departemen di IPB sedangkan angkatan 41 meresmikan pustak Pak Andi Hakim Nasution. Tugas apakah yang akan dijalankan angkatan 42? Masih menjadi misteri hingga saat ini.
Simulasi Statistika (3 sks)
Bentuk kuliah ini ialah simulasi permasalahan Statistika, baik itu sebaran-sebaran Statistika maupun metode-metode Statistika menggunakan software-software Statistika. Dengan Simulasi Statistika, kami dapat membuktikan dengan simulasi teori-teori Statistika, hubungan keterkaitan antar sebaran-sebaran Statistika dan lainnya.
Ujian Komprehensif (2 sks)
Masih belum jelas akan diadakan kapan, biasanya di waktu UTS. Yang jelas mata kuliah ini tidak ada kuliahnya. Kalau tahun-tahun lalu, ujian komprehensif merupakan ujian tertulis selama 4 jam close book mengenai 6 mata kuliah yaitu metstat 1, mestat 2, rancob, TS 1, TS 2 dan MPC. Namun, pada kurikulum mayor-minor terjadi perubahan mata kuliah sehingga banyak mata kuliah baru. Kemungkinan mata kuliah yang akan diujikan ada 9 yaitu mestsat, pengantar peluang, mpc, TS 1, TS 2, anreg 1, anreg 2, rancob 1 dan rancob 2. Belajarnya harus mulai dari sekarang nih…. 9 mata kuliah gitu… Smangat…!!!!

Semester 7 seru-seru neh…
Aplikatif dan turun lapang….
Smangat!!!

Iklan

4 Comments

  1. Lebih seru semester 3,
    bingung banget..
    gak mudheng

  2. mel…
    hebat blognye, yang kedua gw dapet setelah dari wikipedia
    oh alangkah kurang bahagianya….
    :p

  3. hoalah….
    asyikan Algor…

  4. @nurussadad: kinerja terbaik di semester 3
    @izzi: baguslah… temen2 yang lagi nyari pengertian simulasi malah mampir ke blogku…
    @auzi: algor…??? asik seh, tapi aku jadi lupa mk laen gara2 algor


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: