Skip navigation

Introduction
Mendengar kata Six Sigma pasti tidak asing lagi bagi mahasiswa Statistika. Kata Six Sigma disini bukan berarti pendekatan Statistika yang digunakan dalam Qualty Control untuk menemukan penyebab kegagalan dan kesalahan dari suatu proses produksi yang fokus pada output yang sangat penting bagi pelanggan. Tapi Six Sigma ini merupakan nama kelompok tugas project Sistem Informasiku selama semester 6 kemarin. Nama Six Sigma diambil karena Six Sigma merujuk pada keragaman kurang lebih 6 standar deviasi pada proses pengendalian mutu yang sama dengan anggota kelompok kami berjumlah 6 orang dengan beraneka ragam karakter tetapi tetap satu tujuan. Six Sigma (nama kelompok) beranggotakan 6 orang, Icad sebagai PM, Erwin sebagai System Analyst, Verry dan Modjo sebagai Programmer, Saya sendiri sebagai Tester, dan Dini sebagai yang mengurus dokumentasi. Jabatan itu hanya formalitas saja karena dalam praktiknya kami bekerja sama dalam mengerjakan semua bagian tugas selama satu semester.

Our Project
Dalam project ini, kami mengangkat masalah PKM baik mengenai informasinya yang kurang maupun kelanjutan dari hasil PKM itu sendiri. Atas ide itulah, kami membuat web yang bernama PKMart, sistem informasi online PKM beserta produk-produknya. PKMart menyediakan info PKM berupa berita terbaru, database penerima dana PKM, produk-produk PKM serta memasarkan produk tersebut melalui penjualan online. Harapannya sistem ini memang bisa dapat digunakan untuk membantu mahasiswa untuk lebih mengetahui semua tentang PKM serta membantu memasarkan produk-produk PKMK mahasiswa IPB. Akan dibawa kemanakah sistem ini setelah kuliah berakhir? Akankah hanya menjadi seonggok folder yang berisi file-file yang tak berguna di dalam hardiskku? Pertanyaan ini masih belum terjawab olehku.

Me and My Friends
Kelompok Six Sigma sudah berakhir, seiring berakhir juga semester 6 ini. Banyak hal yang terjadi yang mungkin membuat teman-teman Six Sigma kadang-kadang jengkel atau kesal karena tingkah lakuku. Kusadari mungkin aku punya banyak salah selama ini. Aku sering menyuruh mengerjakan tugas ini, tugas itu, suka ngomel sana-sini, maaf ya teman-teman. Kalian adalah partner terbaik. Teman-teman yang penuh semangat. Teman-teman yang selalu ceria dan bertanggung jawab terhadap apa yang sudah diberikan. Tidak ketinggalan juga teman-teman Eazhy (Anton, Indah, Nadya, Angga, Fira) yang selalu menemani pahit manis perjuangan selama kuliah SI. Terima kasih atas semua kerjasamanya, semua sarannya, candaan, dan semuanya. Maaf juga kalau selama ini selalu membuat kesal teman-teman Eazhy.
Tetap semangat teman-temanku, jangan sampai kebersamaan ini hilang.

Iklan

2 Comments

  1. OOHH… ternyata itu ya arti dari Six Sigma….

  2. ya jadi ketauan deh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: