Skip navigation

lagi-lagi, gw dikagetkan dengan sesuatu yang baru. sesuatu yang baru gw tau n gw denger. Yup, sesuai dengan judulnya, sesuatu yang baru itu adalah… VAR dan VECM (Vector Autoregression dan Vector Error Correlation Model). Istilah ini baru gw taw hari ini, kira2 pukul 13.00 WIB. Awalnya, ada yang nelp gw mau minta olahin data. Ada perasaan ragu tapi seneng juga, secara gw lagi butuh yang namanya do it!. Tapi, kesenengan gw terhambat setelah mendengar cerita dari sang klien lewat phone. Dia minta olahin data ekonomi buat jangka panjang n jangka pendek. Apaan tuh!!!. Setelah gw korek2 lebih dalem lagi pake analisis apa, ternyata menggunakan VAR sama VECM. Ah, apa lagi ini? Var? Variabel kaleee… VECM siapa lagi tuh… akhirnya gw putuskan buat untuk ketemuan langsung sorenya. Selagi menunggu sore, gw bisa baca2 dulu atau tanya2 ke kakak kelas biar pas orangnya dateng n ngejelasin, gw ga’ bingung2 amat. Untungnya ada anak ekbang di kostan gw. Seengga’nya gw bisa tanya2 dulu. Alhasil, gw dapet pinjeman bacaan tentang VAR dan VECM (in english c). Bingung itu apaan? Segera mencari bala bantuan dengan sms kakak kelas, ternyata kakak kelas pun ga’ bisa bantu karena lagi di Jakarta. Setelah dibaca2 lagi, gw butuh software Eviews, untung ada. Setelah diinstal, nyoba2, tapi gimana ya cara gunainnya. Ngentri datanya aja masih bingung (hehe).

Hari menjelang sore dan jam udah limit ke angka 4. Apa yang harus gw lakukan? Terbesit di kepala gw, yawdah gw jujur aja, kalo gw ga’ ngerti apa2 tentang VAR dan VECM. Gw putuskan untuk berangkat menemui tuh orang yang mau ngolah data. Setelah ketemu, orangnya langsung panjang lebar memaparkan permasalahannya. Mau nolak ga’ tega dan telah gw putuskan…. gw pelajari dulu teorinya…. jadi emang agak lama ngolahnya. Klien pun setuju n percaya sama gw. Ywdah, VAR dan VECM…. Salam Kenal….

5 Comments

  1. lo tanya aja ama mba’ rina klo aja tahu.
    nanti kalo udah tahu kasih tahu gw

  2. Salam kenal, adek kelas gw kan….?
    Salam kenal juga buat VAR dan VECM.

  3. salam kenal, bingung ma yang namanya VAR dan VECM??? mungkin gw bisa sediikit bantu, secara gw pernah belajar dikit-dikit.

  4. Mohon diberikan penjelasan mengenai penggunaan VAR dan SVAR. Saya baru belajar ni, tapi ga’ ngerti ngerti, padahan mau ujian ni. Trima kasih

  5. tapi sekarang dah ngerti VECM kan ?!
    bisa tolong bantuin gw gak..?!


Tinggalkan Balasan

